Monday, December 29, 2014

Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Alasannya!

Cara Diet Sehat - Jika bicara mengenai diet, tentu banyak hal yang perlu dilakukan. Mulai dari diet ketat, mengurangi nafsu makan, mengurangi porsi makan maupun melakukan berbagai macam olahraga yang bisa menurunkan berat badan. Diet yang sukses, memang memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar.

Tapi tahukah anda, Diet selain dengan cara yang disebutkan diatas, ternyata ada cara yang sangat simpel untuk menurunkan berat badan yaitu dengan tidur yang cukup. Anda mungkin meremehkan hal ini, tapi faktanya tidur yang teratur dan cukup pun bisa membantu untuk menurunkan berat badan.


Berikut dibawah ini adalah beberapa alasan kenapa tidur bisa menurunkan berat badan :

1. Tidur bisa mencegah stres
Mungkin banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa tidur juga bisa menurunkan berat badan. Tetapi sebaliknya, jika anda kurang tidur maka akan membuat hormon kortisol melonjak sehingga bisa membuat nafsu makan anda melonjak. Justru hal ini akan bisa membuat anda semakin gendut. Dengan tidur yang cukup, hormon kosrtisol akan rendah serta bisa mencegah stres muncul, anda akan bisa memiliki energi yang banyak serta dapat membakar lemak semakin cepat.

2. Proses insulin
Proses insulin dalam tubuh biasanya akan menurun jika anda kurang tidur. Hal ini bisa menyebabkan lemak dalam tubuh anda tersimpan lebih cepat serta susah dihilangkan. Dengan tidur yang cukup, maka proses insulin akan menjadi normal dan bisa membantu mencegah lemak menumpuk dalam tubuh.

3. Tidur bisa mengontrol metabolisme tubuh
Salah satu cara untuk menjaga sistem metabolisme tubuh terjaga dengan baik adalah dengan tidur yang cukup. Saat sistem metabolisme tubuh anda terjaga dengan baik, tubuh anda akan mudah mencerna makanan serta anda tidak akan cepat merasa lapar. Selain itu, tidur yang baik akan menghilangkan kebiasaan ngemil anda yang bisa membuat berat badan naik.

4. Tidur bisa membuat hormon ghrelin dan reptin menurun
Saat anda merasa ingin makan lebih banyak, hal itu biasanya disebabkan oleh hormon ghrelin dan reptin yang diproduksi tubuh. Nah, saat anda tidur dengan teratur dan cukup, hal ini bisa menurunkan hormon tersebut. Tentu ini akan membantu program diet yang anda lakukan.

Itulah 4 alasan kenapa tidur bisa menurunkan berat badan. Intinya, diet itu sangat simple, bukan? Tidur yang cukup juga bisa membuat tubuh anda segar dan bugar saat bangun nanti. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Alasannya!