Tuesday, February 9, 2016

Awas, 6 Jenis Diet Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Anda

Cara Diet Sehat - Diet pada umumnya bertujuan untuk mengurangi berat badan sehingga bisa terbentuk bentuk tubuh yang lebih ramping dari sebelumnya. Tapi tidak bisa dipungkiri, diet yang dilakukan dengan menerapkan pola mengonsumsi makanan sehat juga bisa membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.


Tapi  tahukah anda, tidak selamanya diet yang dilakukan bisa memberi manfaat sehat bagi tubuh. Sebab nyatanya, ada beberapa jenis diet yang justru berbahaya jika diterapkan. Melakukan jenis diet tersebut bisa membuat tubuh anda kehilangan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan. Akibatnya, kesehatan anda pun bisa menurun sehingga menyebabkan fungsi tubuh tidak bisa berperan dengan baik. Apa saja jenisnya? Berikut dibawah ini seperti yang dilansir Indiatimes.com :

1. Diet fruitarian
Diet jenis ini merupakan diet yang hanya memperbolehkan anda mengonsumsi buah - buahan. Semua jenis dan bahan makanan termasuk sayur - sayuran tidak diperbolehkan untuk anda konsumsi. Karena hanya mengonsumsi buah saja, tentu kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh anda tidak akan terpenuhi seperti vitamin B12, protein, zat besi, seng, vitamin D serta kalsium. Jika anda samapai kekurangan semua nutrisi yang disebutkan tadi, maka anda bisa berpotensi terserang anemia dan dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

2. Paleolitik diet
Diet paleo merupakan diet yang aturannya mengikuti pola jaman purba, yaitu hanya memperbolehkan mengonsumsi makanan alami serta menjauhi makanan olahan, termasuk susu sekalipun. Meskipun menyehatkan, tetapi tubuh anda juga dapat kehilangan nutrisi dari susu karena susu berikut produk olahan lainnya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi.

3. Master cleanse
Diet jenis ini dipersepsikan dapat mendetoksifikasi tubuh. Dalam diet ini, anda hanya diperbolehkan mengonsumsi air lemon, sirup maple, air putih, air garam dan teh pencahar selama 10 hari. Karena itulah, diet jenis ini juga bisa membahayakan anda karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, menyebabkan peradangan serta bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.


4. HCG diet
HCG diet (Human Chorionic gonadotropin) merupakan hormon yang ditemukan dalam air seni wanita hamil dan plasenta manusia. HCG ini dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cara disuntikkan atau digosokkan ke kulit dalam bentuk krim. Nah, orang yang melakukan diet dengan program ini tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan lebih dari 800 kalori perhari. Tapi ironisnya, tidak ada satupun penelitian yang menunjukkan bahwa hormon ini dapat mengurangi berat badan. Sebaliknya, hormon ini justru bisa menyebabkan tubuh anda kekurangan vitamin dan mineral karena asupan kalori yang rendah.

5.Feeding tube diet
Berbeda lagi dengan diet yang satu, feeding tubu diet anda hanya disarankan mengonsumsi formula cairan yang dimasukkan kedalam tabung (tube) selama 10 hari. Seperti halnya infus, tabunh tersebut harus anda bawa kemana - mana dan hanya boleh dilepaskan saat anda diperbolehkan meminum secangkir teh herbal tanpa gula saja. Dengan konsumsi seperti itu, diet ini dapat membahayakan tubuh anda karena bisa mengakibatkan pusing, sembelit, dehidrasi, sakit kepala bahkan rsiko batu ginjal.

demikianlah 6 jenis diet berbahaya  bagi kesehatan jika anda menerapkannya. Jika ingin diet yang tepat, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter atau ahli diet anda. Semoga bermanfaat, ya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Awas, 6 Jenis Diet Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Anda