Monday, August 24, 2015

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Dengan Menu Diet Sehat

Cara Diet Sehat - Setiap wanita pasti mengidamkan memiliki berat badan yang ideal dan langsing. Mereka beranggapan dengan berat badan dan bentuk tubuh yang langsing dan proporsional seperti itu, bisa membuat mereka lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang atau rekan kerja mereka. Tapi sayangnya, memiliki berat ideal dan tubuh langsing tidak bisa diraih dalam waktu sekejab saja. Diperlukan usaha seperti diet sehat serta waktu yang lumayan lama.

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Dengan Menu Diet Sehat

Nah, bagi anda yang mempunyai masalah berat badan dan tidak percaya diri dengan keadaan seperti itu, cobalah lakukan beberapa tips mudah menurunkan berat badan berikut ini :

1. Banyak bergerak atau berolahraga
Bagi anda yang memiliki banyak waktu tentunya bisa memulai program penurunan badan ini dengan melakukan olahraga secara teratur baik itu joging, senam aerobik, maupun jalan santai. Namun bagi anda yang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan olah raga anda juga tidak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa ditempuh. Caranya yaitu anda harus banyak bergerak, misalnya jika pekerjaan anda berada dikantor yang memiliki lif maka bisa mencoba menggunakan tangga, selain itu terapkan untuk sering berjalan-jalan di tempat kerja. Hal itu akan membantu membakar kalori dalam tubuh. Intinya anda harus banyak bergerak dan beraktifitas yang membuat tubuh bergerak.


2. Konsumsi makanan yang kaya serat
Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan berserat termasuk salah satu kunci keberhasilan dalam cara menurunkan berat badan anda. Konsumsi makanan berserat ini dianjurkan untuk dikonsumsi di siang hari atau malam hari. Makan berserat tinggi ini bisa didapat dari buah dan sayur sayuran. Buah mislanya pir, pisang, pepaya, dan jambu biji. Sayur misalnya brokoli, labu, bayam, lobak, kentang, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, dan sayur-sayuran hijau.

3. Jangan lewatkan sarapan
Kesalahan pehaman dalam menjalankan program diet ini akan berdampak besar pada keberhasilan program diet anda. Sebagian besar orang awam yang belum mengerti tentang diet dan memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan mereka cenderung untuk tidak melakukan sarapan. Padahal itu merupakan kesalahan yang cukup merugikan, dampak dari tidak sarapan adalah melambatnya metabolisme tubuh yang mana akan berdampak pada kesuksesan diet anda. Maka dari itu tetap lakukan sarapan namun dengan makanan yang kaya serat, protein, dan gizi, seperti sayuran, putih telur, serta susu.

4. Perhatikan makan malam anda
Dimalam hari tubuh cenderung lebih sedikit beraktifitas sehingga asupan karbohidrat tidak terlalu dibutuhkan. Maka dari itu agar penurunan berat badan anda berhasil sebaiknya hindari makan malam dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Ada baiknya makan malam diganti dengan menu berupa sayur-sayuran yang direbus bukan yang ditumis dengan minyak. Tambahkan buah-buahan sebagai asupan gizi untuk menu makan malam. Jangan lupa juga untuk menghindari makan makanan yang dioleh dengan di goreng agar cara menurunkan berat badan ini memberikan hasil yang maksimal.

5. Perbanyak minum air putih
Air putih sangat membantu proses penurunan berat badan. Dengan banyak mengkonsumsi air putih akan meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme. Dalam menjalankan diet sebaiknya minimal meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Selain itu air putih juga bisa dijadikan sebagai senjata ampuh untuk program anda yaitu dengan mengawali minum segelas air putih sebelum makan. Hal ini akan membantu anda mengurangi porsi makan karena perut sudah merasa kenyang terlebih dahulu.

6. konsumsi protein
Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi protein. Protein merupakan salah satu zat penunjang diet yang sangat dianjurkan. Usut punya usut ternyata proten memiliki fungsi yang luar biasa yaitu mampu membakar lemak dan cocok sebagai penunjang diet sehat anda. Protein bisa diperoleh dari putih telur, selain itu bisa juga di dapat dari oat meal gandum maupun sereal. Konsumsi protein ini sangat di anjurkan sebagai sarapan pagi anda.

7. Ganti makanan karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks
Karbohidrat merupakan sumber dari energi dan gula, namun jenis karbohidrat sederhana akan susah diserap oleh tubuh sehingga cenderung untuk ditimbun dalam dalam bentuk lemak. Makanan berkarbohidrat sederhana ini biasanya bersumber dari nasi, mie, pasta, dan lain-lain. Bagi mereka yang menjalanan program penurunan badan maka wajib hukumnya mengganti makanan berkabohidrat sederhana dengan makanan berkabohidrat kompleks misalnya beras merah, gandum, oat meal, sereal, dan jenis kacang-kacangan.

Jika anda sudah menerapkan semua cara menurunkan berat badan diatas, jika dilakukan secara teratur anda pasti akan mendapatkan berat badan yang anda idamkan. Tapi perlu anda ingat, semuanya butuh proses. Tentu anda tidak akan bisa langsung mendapati berat badan anda turun, tapi lambat laun berat badan anda pasti akan dalam bentuk ideal seperti yang anda inginkan.

Menu Diet Sehat

Agar diet untuk menurunkan berat badan anda bisa sukses dan berhasil, coba juga anda terapkan pola makan dan menu diet sehat dalam seminggu berikut ini :

menu diet sehat

1. Menu diet sehat hari pertama
Di hari pertama, anda dapat mencoba menu makanan sup untuk diet. Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis sup yang berbeda. dalam hal ini anda dapat memilih sup vegetarian atau non vegetarian, namun pastikan jika anda tidak menambahkan garam ke dalam sup anda . sederhana bukan ?

2.  Menu diet sehat hari kedua
Untuk hari kedua konsumsi makanan yang kaya serat adalah pilihan yang sangat efektif. Pilihan menu makannnya adalah makanan yang terbuat dari bahan kubis atau sawi putih. kedua sayuran ini terbukti ampuh mengandung serat tinggi, sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Pastikan pengolahannya tidak salah ( contohnya di goreng ). karena ini akan menambah akumulasi lemak dalam tubuh anda . dan sebaliknya, anda dapat mengolahnya dengan dikukus , direbus atau di tumis tanpa minyak dapat menjadi solusinya.

3. Menu diet sehat hari ketiga
Menu diet untuk hari ketiga, anda bisa perbanyak mengkonsumsi jeruk atau jeruk bali. anda dapat menambahkan jus yang mengandung enzim pembakar lemak seperti jus dari jeruk bali ke dalam menu makanan anda. jus ini dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan dan dapat mengicilkan perut dengan cepat . anda juga boleh mengkonsumsinya dengan cara dimakan langsung , tanpa harus dibuat jus.

4. Menu diet sehat hari keempat
Hari ke empat , adalah saatnya anda mengecilkan perut dengan jus . namun demikian, anda juga harus pintar dalam memilih buah yang akan anda buat jus . sebab buah ini yang akan membantu anda untuk menahan rasa lapar. dan buah terbaik yang kami rekomendasikan adalah buah yang mengandung banyak air. misalnya buah pir , apel , anggur dan lain sebagainya. jangan lupa , pastikan jus yang anda buat tidak mengandung gula sama sekali alias jus murni.

5. Menu diet sehat hari kelima
Hari kelima adalah saatnya anda menurunkan berat badan dengan diet vegan atau vegetarian. diet vegan dapat anda aplikasikan hari ini, sebab tubuh anda membutuhkan nutrisi dan vitamin dalam jumlah banyak . 3 sayuran penting yang harus anda masukkan dalam menu makanan diet pada hari kelima ini adalah bayam, kentang , dan wortel. hal ini karena kandungan tiga sayuran tersebut dapat saling melengkapi kebutuhan nutrisi anda. anda dapat menikmati ketiga sayuran tersebut dengan di rebus.

6. Menu diet sehat hari keenam
Setelah mengonsumsi banyak makanan, untuk hari keenam adalah saatnya anda membakar racun tubuh anda dengan air putih . air hangat mampu memberikan manfaat yang baik untuk pembakaran lemak dengan cepat . konsumsi air putih biasa sebanyak 6 hingga 8 liter dalam hari ini dan tambahkan air hangat untuk mempercepat pembakaran lemak.

7. Menu diet sehat hari ketujuh
Nah , setelah anda melakukan diet ketat selama enam hari, kini saatnya pikiran anda yang merasakan rasanya gigitan makanan kesukaan anda. anda bisa mencoba menikmati cokelat murni atau makanan kesukaan anda . seperti ayam bakar, es kkrim dan lain sebagainya . namun tetap tambahkan sayur dan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. atur porsinya, bisa jadi segigit saja cukup asal anda sudah dapat merasakannya.

Nah, itulah cara mudah menurunkan berat badan dengan menu diet sehat yang bisa anda terapkan. Sangat mudah, bukan? Seperti yang ditekankan diatas, semuanya butuh proses. Jika dilakukan secara konsisten, anda akan mendapatkan berat badan seperti yang anda harapkan. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Dengan Menu Diet Sehat